Jumat, 16 April 2010

Kegiata Mahasiswa Tingkat Akhir

"Allah bersama prasangka hamba-Nya"...
hadits tersebut kerap menimpaku..berkali-kali berfikir untuk melakukan sesuatu (baik hal kecil maupun hal besar), baru terlintas saja dibenaku..tiba-tiba tak berapa lama apa yang aku pikirkan menghampiri...
Salah satunya, ketika aku mulai memasuki semeseter 8 kuliah di IPB tercinta ^_^, sempat terfikir dalam benakku untuk ikut proyek-proyek dosen, selain u menambah uang saku, juga untuk mendapatkan pengalaman belajar (memulai jam terbang sebagai peneliti), tak berapa lama pikiran itu melintas...dua dosen sekaligus menawarkan aku untuk ikut bantu penelitian, yang satu dosen IPB mengajak aku untuk riset unggulan IPB yang kebetulan lokasinya di sekitar rumah kediamanku, Jasinga, tapi ternyata sampai sekarang riset itu belum jalan, sepertinya belum menemukan sponsor. Yang kedua adalah dosen UI, aku dikenalkan oleh orang tua mantan muridku di homeschooling. teman orang tua mantan muridku itu membutuhkan bantuan tenaga penerjemah (bahasa sunda, hehe) untuk riset S3nya, kebetulan respondennya kebanyakan emak emak di Kabupaten Bogor yang jarang bisa berbahasa indonesia, sementara dosen UI tersebut berasal dari Padang. Sempat aku ragu untuk menerima tawaran itu karena aku berniat fokus di penelitian S1 ku, tapi melihat kebutuhan dosen UI tersebut tak tega rasanya menolaknya, aku pun menerimanya denga harapan bisa balance dikeduanya.
Alhamdulillah, beruntung aku tak jadi menolak tawaran itu, berbagai pengalaman,ilmu, ibrah, hal-hal yang megejutkan, lucu, sebal aku temukan dalam pengalaman membantu riset S3 ini. Pengalaman berinteraksi dengan paraji (dukun anak, red. Bagi yang gak tahu) yang pernuh warna tentunya...Apa saja warna itu ?(ikuti cerita selanjutnya, ok!)
Beginilah kegiata mahasiswa tingkat akhir, karena sudah tidak ada kuliah, selain mengerjakan peneitian sendiri, juga ikut membantu penelitian orang. Alhamdulillah dengan begitu, aku gak teralu jadi pengangguran, karena ternyata sampai sekarang penelitianku masih pending...(Nunggu kapan sidang nieehhh...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar